Pembelajaran Bahasa Arab Kelas VIII Semester 2
Materi ke-5 “Menjenguk yang Sakit” (Bag. 2, Fi'il)
تدريس اللغة العربية لفصل الثامن الدراسي الثاني
الدرس السادس: عِيَادَةُ المَرْضَى (2#) فعل
A. Aturan Pembelajaran
السلام عليكم ورحمة الله وبركة. أهلا وسهلا في دراسة اللغة العربية
Berikut peraturan yang perlu kalian taati selama belajar di lab:
1. Siswa datang ke lab tepat waktu dan membaca doa terlebih dahulu.
2. Siswa dianjurkan membawa headset.
3. Siswa tidak diperkenankan membuka situs lain (YouTube, medsos, dll), selain media pembelajaran ini dan hal yang mendukung pembelajaran.
4. Siswa wajib mematuhi peraturan guru.
B. Kaidah dan Susunan (القواعد والتراكب)
Kaidah dan susunan kata yang akan kita pelajari pada materi kali ini yaitu mengenai Fi'il. Pada pembahasannya, terdapat pengertian fi'il dan macam-macam fi'il (madhi, mudhori, amar). Untuk lebih memahami pembahasan tentang fi'il, silakan kalian pelajari video pembelajaran berikut!
*Silakan masing-masing dari kalian menyiapkan minimal satu pertanyaan dari video pembelajaran tersebut. Setiap orang harus berbeda pertanyaan!
Dari video tersebut, diharapkan kalian bisa mencatat dan memahami materi mengenai fi'il. Setelah itu, silakan kerjakan latihan berikut ini.
D. Kegiatan dan Latihan (الأنشطة والتدربات)
1. Tulis fi'il sesuai dengan dhomirnya
Perhatikan tabel dhamir di bawah ini.
*1*Silakan kerjakan di buku catatan kalian, buat tabel seperti di atas, kemudian isi titik-titik dengan fi'il dan dhomir yang sesuai!
2. Membedakan antara fi'il madhi dengan fi'il mudhori'
Perhatikan teks berikut ini!
*2* Untuk mengecek sejauh mana kemampuan kalian memahami fi'il, silakan untuk menuliskan jawabannya di kolom komentar, mana yang termasuk Fi'il Madhi dan mana yang termasuk Fi'il Mudhori'.
3. Mengganti fi'il mudhori' ke fi'il madhi
Berikut merupakan cara bercakap untuk menanyakan kondisi sakit seseorang. Pelajarilah video pembelajaran berikut.
*3* Silakan tuliskan jawabannya di buku tulis kalian masing-masing!
Jadi, ada 3 tugas wajib yang perlu antum kerjakan (dengan ditandai warna merah). Kerjakan sebisa mungkin. In syaa Allah akan ana cek pada pertemuan berikutnya.
الحمد لله ربّ العالمين. من سار على الدرب وصل (Barang siapa yang berjalan pada jalannya, ia akan sampai).
Telah selesainya pembelajaran kita kali ini. Mudah-mudahan apa yang disampaikan dapat bermanfaat dan semoga Allah selalu memberikan rahmat serta hidayahnya kepada kita semua. Tak ada gading yang tak retak, لكلّ حسن عائب , maka dari itu saran konstruktif sangat ana terima.
Salam, من جدّ وجد . 👊
👋 إِلَى اللِّقَاءِ ومَعَ السَّلَامَةِ
Referensi (مراجع)
Channel, Arabi (Director). (2021). Materi Bahasa Arab Kelas 8 MTs Semester 2, Bab 6 عيادة المرضي kegiatan 2, fi'il [On Youtube Video]
Masrukhian. (2020). BAHASA ARAB MTs KELAS VIII. Jakarta: Direktorat KSKK Madrasah.
10 comments
kesan iesha belajar di lab
ReplyDeletejadi bisa lebih paham belajar bahasa arab karna ada gambarnya
al hamdulillah senang
ReplyDeletekesan ghina belajar dilab : lumayan asik :3 karena pake video jadi ngrti..
ReplyDeletekesan rizka belajar hari ini mudah dimengerti dan menyenangkan karna menggunakan video dan penjelasan yang lengkap
ReplyDeletekesannya adalah menonton video lebih mudah dipahami daripada melihat tulisan di papan tulis yang spidolnya sudah habis;)
ReplyDeletekesan belajar di lab
ReplyDeletesangat menyenangkan disuguhkan dengan lagu aaaaaaaaaaa
ReplyDeletepembelajaran menjadi semakin mudah dimengerti
ReplyDeletekesan belajar di lab mudah dimengerti karena melihat dan mendengar dengan video
ReplyDeleteblh
ReplyDeletePost a Comment