Pembelajaran Bahasa Arab Kelas VII Semester 2
Materi ke-5 “Rumah”
تدريس اللغة العربية لفصل السابع الدراسي الثاني
الدرس الخامس: البيت – المفردات والنّصوص
Sumber Gambar: pustakapendisntt.com
A. Mufrodat
بسم الله الرحمن الرحيم. تعلموا اللغة العربية فإنّها من دينكم.
Umar bin Khattab pernah berkata: "Pelajarilah oleh kalian bahasa Arab karena bahasa Arab merupakan setengah dari agama kalian." Nah, ternyata penting sekali bagi kita untuk mempelajari bahasa Arab. Untuk bisa mempelajari bahasa Arab, dapat dimulai dari belajar mufrodat.
Mufrodat atau kosakata bahasa Arab merupakan unsur terpenting dalam belajar bahasa Arab. Sebagaimana Nazwah & Khumaeroh (2022) menyatakan bahwasannya dalam memahami bahasa Arab, perlu adanya perhatian khusus untuk mempelajari penguasaan mufrodat bahasa Arab. Oleh karena itu, jangan sampe malas untuk belajar menguasai mufrodat jika kita ingin menguasai bahasa Arab, ya.
Berikut mufrodat yang terkandung di dalam materi "البيت":
1. Mufrodat Ruangan Di Dalam Rumah (الغرف في البيت)
2. Mufrodat Isi Ruangan (مضمون الغرف)
Silakan bagi kalian untuk memahami mufrodat di atas terlebih dahulu sebelum kita lanjut ke bagian latihan~ حامسة~😆
.....
Jika sudah, berikut ada beberapa soal yang akan dibagikan oleh guru kalian. Masing-masing akan mendapatkan soal yang telah ditentukan dan kalian wajib untuk mengerjakannya.
3. Latihan Penguasaan Mufrodat #2
Guru akan mencontohkan beberapa soal terlebih dahulu. Setelah kalian paham, guru akan membagikan soalnya untuk masing-masing dari kalian. Setelah itu, silakan cepat-cepat isi di kolom komentar dan
tilmidz yang tercepat akan mendapatkan poin. 😀
*********************************************************************************
Pembelajaran Hari Senin tgl 08/05/23 Melanjutkan Dari Sini
4. Latihan Penguasaan Mufrodat #3
Setelah pembelajaran sebelumnya kita belajar memahami mufrodat, maka mari kita lanjutkan dengan latihan. Bagi yang belum beruntung dapat poin, laa ba'sa. Masih ada kesempatan untuk mendapatkannya dengan mengerjakan soal berikut.
Pilihlah satu kalimat yang benar di dalam kurung untuk melengkapi soalnya.
Ana kasih contoh 3 soal awal terlebih dahulu. Jika kalian susah mengetik dengan bahasa Arab,
maka silakan gunakan bahasa latin sebagaimana contoh berikut.1. Al-Maa wa Ash-Shabun fii Al-Hammaam
2. Al-Malaabis fil Khizaanah
3. Al-Haatif wal Faks fii Gurfatil Maktab
*Dari nomor 3 sampai 10, silakan bagi sesuai urutan nomor absen. Antum tulis jawabnnya di kolom komentar dengan menggunakan format nama dan langsung jawabannya seperti yang sudah dicontohkan (tidak perlu membuat email seperti kemarin). Bagi 3 komentar teratas dan jawabannya shahih, berhak mendapatkan poin.
5. Refleksi dari Pembelajaran Mufrodat
Alhamdulilah, selamat bagi kalian yang mendapatkan poin. Bagi yang belum, mari kita rehat sejenak dengan mengerjakan refleksi dari Mufrodat al-Bait berikut ini:
*Silakan tulis jawaban kalian di buku tulis masing-masing. Tidak perlu panjang, cukup poinnya saja, asalkan kalian paham. 😄
B. Nusus/Teks (النصوص)
Setelah kita mempelajari mufrodat, mari kita lanjutkan untuk mempelajari materi selanjutnya, mengenai membaca teks (قراءة النص). Silakan pelajari teks yang ada di
video pembelajaran berikut.
بعد ذالك, silakan refleksikan hasil bacaan kalian ke dalam soal pilihan ganda berikut ini:
*Sama seperti sebelumnya, silakan tuliskan jawabannya di buku tulis kalian.
C. Hiwar
Akhirnya, sampailah pada tugas terakhir pada materi kita kali ini, yakni materi yang berkaitan dengan percakapan (الحوار) Silakan dipahami dulu tugasnya pada video pembelajaran berikut ini, ya.
*Silakan tulis minimal 3 hiwar tersebut di buku catatan, dan praktikan bersama teman terdekat kalian, yaa!
الحمد لله ربّ العالمين. من صبر ظفر (Barang siapa bersabar, dia beruntung).
Telah selesainya pembelajaran kita kali ini. Mudah-mudahan apa yang disampaikan dapat bermanfaat dan semoga Allah selalu memberikan rahmat serta hidayahnya kepada kita semua. Tak ada gading yang tak retak, لكلّ حسن عائب , maka dari itu saran konstruktif sangat ana terima.
Salam, من جدّ وجد . 👊
👋 إِلَى اللِّقَاءِ ومَعَ السَّلَامَةِ
Referensi
Baharudin, F. (2020). BAHASA
ARAB MTs KELAS VII. Jakarta: Direktorat KSKK Madrasah.
Channel, Arabi (Director). (2021). Materi Bahasa Arab Kelas 7 MTs Semester 2, Bab
5 البيت Rumah kegiatan 1, Hiwar [On Youtube Video]
Nazwah, S. S., & Khumaeroh, M. S. (2022). Strategi Meningkatkan
Motivasi Belajar Mufradat Bahasa Arab pada Masa PPKM di Pondok Pesantren
Miftahuttaufiq. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 47–54.
29 comments
kurang ramah bwt anak TK kyk akwh pak 👻🦓
ReplyDeletetpi kweren kwoq pak sya ksih bintang sejwuta dwehk bwt bpk 🙀🎇
ReplyDeletea6 sieh cm gmn yh kak? gimana sieh kurang pamili prenli sama otak aku yang warna warni inieh tp bagues koqqqqqqq bintang di langit ku beri untuq muh paaaaaaq 😉😉😉😉😉🤞🤞🤞🤞🤞🤞❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤
ReplyDeleteash shobun, mighrafah, maun
ReplyDelete3. kitaabun, qolamun, mirsamatun
ReplyDeleteno.5 sarir, rofun, sa'ah
ReplyDelete7. sokhun,ruja,milakoh
ReplyDelete6:SOHNUN,ROJU,KURSIYUN
ReplyDeleteno 3 qolamun maqlamah kursiyun
ReplyDelete6:SOHNUN,ROJU,KURSIYUN
ReplyDeleteyytytt
ReplyDelete7.sokhun,rozun,mil'akoh
ReplyDelete1lampu2meja.3rak
ReplyDelete9. maktab,ruzza,shohnun
ReplyDelete7.sokhun,ruzun,mil'akoh
ReplyDelete4. zahrah,sajarotun,birkatun
ReplyDelete6 gurfatun naumm
ReplyDelete6 Cantika
ReplyDeletejahroh wa jahriyah fi gurfatiiljulus LEVIDHYA KERTYA PRATAMA 7
ReplyDeleteAyiesh no 4 mirsamah wa qolam fii lmaklamah
ReplyDeletealya no.5 alsyajaroh fi alhadiqoh
ReplyDeletefathiya : no10. al shay'i wal kohwah a'la almaktab
ReplyDelete8. khizanah,al-maidah,haitt
ReplyDelete.
ReplyDeletealhaid
ReplyDeletesikit sikit lebeih cepet bisa tapi sikit
ReplyDeletedan lebih seru, serasa kerja BHAHAHAHAHAHA
ReplyDeleteSYUKRON PAK HANDRI UNTUK PEMBELAJARANNYA
ReplyDeleteA6 BANGET LOCH PAQ KALO BYASA TYAP B ARAB GINIH
ReplyDeletePost a Comment