Pembelajaran Bahasa Arab Kelas VIII Semester 2
Materi ke-5 “Menjenguk yang Sakit” (Bag. 1)
تدريس اللغة العربية لفصل الثامن الدراسي الثاني
الدرس السادس: عِيَادَةُ المَرْضَى (1#)
A. Kompetensi Dasar (الكفاءات الأساسية)
In syaa Allah, setelah selesai pembelajaran pada bab ke-6 ini, siswa dapat menguasai kompetensi dasar sebagaimana gambar di atas.
B. Aturan Pembelajaran
السلام عليكم ورحمة الله وبركة. أهلا وسهلا في دراسة اللغة العربية
Berikut peraturan yang perlu kalian taati selama belajar di lab:
1. Siswa datang ke lab tepat waktu dan membaca doa terlebih dahulu.
2. Siswa dianjurkan membawa headset
3. Siswa tidak diperkenankan membuka situs lain (YouTube, medsos, dll), selain media pembelajaran ini dan hal yang mendukung pembelajaran.
C. Mufrodat dan Ungkapan (المفردات والتعابير)
Seperti biasa (كالعادة), untuk lebih paham belajar bahasa Arab, maka perlu kita mulai dari mempelajari mufrodat beserta cara mengungkapkannya. Berikut mufrodat-mufrodat yang perlu kita pelajari pada kegiatan kali ini, silakan LIHATLAH, DENGARKAN, dan ULANGI!
Untuk lebih jelasnya silakan simak video pembelajaran berikut mengenai pembahasan mufrodat (silakan untuk memakai headset. bagi yg tidak punya, silakan berdua dengan temannya yg punya). 😊
D. Kegiatan dan Latihan (الأنشطة والتدربات)
1. Menghubungkan gambar dengan pernyataannya.
Silakan pelajari dulu melalui video pembelajaran yang telah disediakan berikut.
*1*Silakan kerjakan di buku catatan kalian. Pilih pernyataan yang sesuai dengan gambar (cukup tuliskan angkanya saja).
2. Isilah Titik-titik dengan Kata yang Sesuai
*2* Untuk mengecek sejauh mana kemampuan kalian, silakan untuk menuliskan jawabannya di kolom komentar (dengan menggunakan format nama masing-masing, lalu jika tidak bisa mengetik menggunakan bahasa Arab, boleh dengan latinnya saja).
3. Membuat Percakapan Sebagaimana Contoh
Berikut merupakan cara bercakap untuk menanyakan kondisi sakit seseorang. Pelajarilah video pembelajaran berikut.
*3* Silakan tuliskan satu contoh percakapan di atas bersama seorang temanmu di buku catatan kalian!
4. Membuat Kalimat dari Gambar
*4* Silakan tuliskan kalimat yang menggambarkan kondisi gambar tersebut di kolom komentar! Boleh dengan menggunakan bahasa Indonesia terlebih dahulu.
Jadi, ada 4 tugas yang perlu antum kerjakan (dengan ditandai warna merah). Kerjakan sebisa mungkin. In syaa Allah akan ana cek pada pertemuan berikutnya.
الحمد لله ربّ العالمين. من صبر ظفر (Barang siapa bersabar, dia beruntung).
Telah selesainya pembelajaran kita kali ini. Mudah-mudahan apa yang disampaikan dapat bermanfaat dan semoga Allah selalu memberikan rahmat serta hidayahnya kepada kita semua. Tak ada gading yang tak retak, لكلّ حسن عائب , maka dari itu saran konstruktif sangat ana terima.
Salam, من جدّ وجد . 👊
👋 إِلَى اللِّقَاءِ ومَعَ السَّلَامَةِ
Referensi (مراجع)
Channel, Arabi (Director). (2021). Materi Bahasa Arab Kelas 8 MTs Semester 2, Bab 6 عيادة المرضي kegiatan 1, Mufrodat [On Youtube Video]
Masrukhian. (2020). BAHASA
ARAB MTs KELAS VIII. Jakarta: Direktorat KSKK Madrasah.
8 comments
iesha: 1.tahassana
ReplyDelete2.yahtaju
3. gobat
4. istazanat
5. daat
tugas yang ke 2 (ghina)
ReplyDelete1.tahassana
2.yahtaju
3.ghobat
4.isytadzanat
5.daa'ath
vina: 1.tahassana
ReplyDelete2.yahtaju
3. gobat
4. istazanat
5. daat
iesha tugas terakhir
ReplyDelete2. berbaring diatas ranjang rs
3. diperiksa dokter
4. dokter menggunakan stetoskop
5. anak yang diperiksa tegang
ta
ReplyDeletevina tugas terakhir
ReplyDelete2.anak yang sedang sakit
3.dirawat dirumah sakit
4.dokter memeriksa pasien
5.pasien diperiksa dokter
tugas ke 4 (ghina)
ReplyDelete1.pasien masuk ruangan
2.ditanya dokter "apa yang kerasa sakit?"
3.diberitahu oleh pasien
4.diperiksa oleh dokter
5.diberi resep obat
ReplyDeletetahassana yahtaju gobat istazanat
daat
Post a Comment